2. Lending

Lending adalah pembiayaan yang diberikan kepada anggota atau calon anggota baik untuk keperluan produktif maupun konsumtif, dengan sistem bagi hasil, margin penjualan, atau fee.

Salah satu karakteristik lembaga keuangan syari’ah adalah adanya mekanisme bagi hasil. Mekanisme lembaga keuangan syari’ah dengan menggunakan sistem bagi hasil akan menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat bisnis, karena mekanisme tersebut sangat berbeda dengan mekanisme ekonomi konvensional yang menggunakan instrumen bunga.
Penentuan bagi hasil sangat menentukan bagi lembaga keuangan syari’ah untuk dapat memperoleh return yang maksimal, karena semakin tinggi keuntungan yang diperoleh oleh lembaga keuangan syari’ah, maka semakin tinggi pula bagi hasil yang diberikan kepada nasabah, dan begitu sebaliknya. Untuk itu lembaga keuangan syari’ah harus dikelola secara optimal berlandaskan prinsip-prinsip amanah, shidiq, fatonah, dan tabliqh termasuk dalam hal kebijakan prhitungan bagi hasil.

PENGERTIAN SISTEM, BAGI HASIL, & PENDANAAN
Sistem adalah sekelompok komponen yang masing-masing saling menunjang, saling berhubungan yang keseluruhannya merupakan sebuah kesatuan.
Bagi hasil menurut terminologi asing (Inggris) dikenal dengan profit sharing. Sedangkan profit sharing dalam kamus ekonomi diartikan sebagai pembagian laba.
Menurut PSAK No. 59, profit sharing adalah bagi laba dihitung dari pendapatan setelah dikurangi beban yang berkaitan dengan pengelolaan dan mudharobah.
Sedangkan dana adalah semua hutang dan modal yang tercatat pada neraca sisi pasiva yang dapat dipergunakan sebagai modal operasional dalam rangka kegiatan penyaluran atau penempatan dana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s