A. Sejarah & Latar Belakang

BMT Natijatul Umat merupakan lembaga keuangan mikro masyarakat yang berprinsipkan syari’ah, yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya demi pemberdayaan ekonomi umat terutama ekonomi kecil dan menengah. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan BMT Natijatul Umat meliputi : pemberdayaan, permodalan, pemberdayaan manajemen, dan pemberdayaan sumber daya manusia. BMT Natijatul Umat (BMT NJU) merupakan lembaga keuangan yang berpayung hukum koperasi serba usaha yang menggunakan pola syari’ah telah beroperasi mulai tanggal 06 April 2007 dan telah mendapat izin resmi dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo (Dinas INDAKOP) dengan dikeluarkannya izin Badan Hukum No. 170/BH/XVI/121/2007.
Faktor yang mendorong didirikannya BMT Natijatul Umat adalah adanya kenyataan bahwa umat islam, khususnya warga Nahdliyin di wilayah kec. Babadan jumlahnya cukup besar yang pada umumnya tingkat ekonomi mereka tergolong pada kelas menengah kebawah dan usaha-usaha ekonomi yang mereka lakukan adalah usaha kecil dan menengah sehingga perlu mendapatkan sentuhan.
Berdasarkan hal tersebut, maka timbul pemikiran untuk menghimpun warga Nahdliyin yang jumlahnya cukup besar sebagai kekuatan sumber dana dan apabila kita dapat dengan amanah, aman, dan profesional, tentu akan menjadi kekuatan modal untuk memberdayakan ekonomi umat. Disamping itu dana yang berupa jariyah, infaq, dan shodaqoh dari kalangan warga Nahdliyin dapat dihimpun melalui BMT Natijatul Umat yang akan disalurkan bagi kaum dhuafa yang membutuhkan.
Kegiatan utama BMT Natijatul Umat adalah menghimpun dana dari masyarakat baik berupa titipan amanah, investasi mudharabah ataupun berupa infaq, shodaqoh dan jariyah untuk selanjutnya disalurkan dalam bentuk pembiayaan baik untuk usaha produktif maupun konsumtif serta talangan dana yang pelaksanaannya diatur sesuai dengan prinsip syariah Islam berdasarkan qaidah fiqih dan dalil-dalil syar’i yang dapat dipertanggung jawabkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s